Sherlock Holmes : The Hound of Baskerville

Pengarang     : Sir Arthur Conan Doyle  
Alih bahasa    : Dion Yulianto
Penerbit         : Laksana
Tempat           : Yogyakarta
Tahun             :  2014
Kelas              : 899.221 DOY a

Subjek            : Fiksi - Misteri
Kolasi             : 244 p. ; 264 cm
ISBN              : 9786022556596

Ringkasan      :
The Hound of Baskerville termasuk salah satu cerita karya Sir Arthur Conan Doyle yang paling banyak di baca oleh jutaan penggemarnya di seluruh dunia. Ditulis lebih dari seratus tahun yang lalu, cerita ini masih dikagumi para pembaca sebagai salah satu kisah terseram yang pernah ditulis dalam bahasa Inggris. Kepopuleran The Hound of Baskerville terutama disebabkan oleh kepiawaian penulis dalam menyusun cerita yang tidak biasa, memadukan antara tema supranatural dengan kecenderungan Holmes yang sangat mengutamakan logika. Penggunaan setting di padang-padang terpencil Dartmoor, Devonshire, semakin memperkuat kesan kelam dari kisah ini, agak melenceng sedikit dari setting kota London dan Baker Street yang sudah terlanjut melekat pada sosok Holmes dan dr. Watson.

The Hound of Baskerville berkisah tentang sebuah kutukan misterius yang menimpa keturunan keluarga Baskerville. Karena ulah keji salah satu leluhur mereka di masa lampau, seluruh anak ketrunan Baskerviller dihantui oleh kutukan maut berupa sesosok anjing iblis yang senantiasa menghantui keturunan keluarga tersebut. Sir Charles Baskerville, pemilik rumah besar Baskerville Hall ditemukan telah tewas di dekat gerbang menuju padang. Penyelidikan menyebut kematian itu disebabkan karena kutukan luar biasa yang berakibat fatal pada jantungnya yang lemah. Tidak ditemukan tanda-tanda telah terjadinya tindak pembunuhan selain sebuah tapak kaki anjing pemburu berukuran raksasa.
Sekali lagi, Sherlock Holmes ditantang untuk memecahkan misteri pembunuhan yang berbau supranatural ini. Berpindah dari padatnya kota London ke padang Dartmoor yang terpencil, sebuah misteri gelap menunggu untuk dipecahkan. Tapi, baik Holmes maupun dr. Watson tidak punya banyak waktu untuk menyelidiki kasus ini. Sir Henry Baskerville, penerus terakhir keluarga Baskerville akan menempati Baskerville Hall sebagai ahli waris utama keluarga. Selain harus memecahkan misteri, Holmes dan dr. Watson harus bergerak cepat untuk melincungi satu-satunya ahli waris yang masih tersisa, sebelum kutukan anjing iblis itu menimpanya.
Dengan detail yang luar biasa melimpah, The Hound of Baskerville akan membawa pembaca ke tengah-tengah padang suram Dartmoor di malam hari. Alur cerita di buu ini bergerak cepat dari awal hingga akhir, dengan kepelikan kasus yang mungkin tak tertandingi oleh kisah-kisah seram lainnya. Bersiap-siap memasuki bukit-bukit batu di Dartmoor, menjelajahi rawa Grimpen yang mematikan, dan berjalan-jalan di lorong-lorong sepi Baskerville Hall. Perhatikan Langkah Anda, berhati-hatilah dengan suara langkah-langkah berat seekor anjing misterius di balik kegelapan.

baca buku ini di PADMANABA LIBRARY 
    

0 komentar: