Tebu : Seri Tanaman Bahan Baku Industri

Pengarang    : Bambang Haryono, S.T.P
Subyek          : Tebu - Seri Tanaman Bahan Baku Industri
Penerbit        : Trisula Adisakti
Tahun             : 2013
Tempat          : Indonesia
Klasifikasi     :
633.6
Kolasi            : 80 hlm

Sinopsis        :
Tebu adalah merupakan tanaman asli Indonesia. Kesuburan tanah di Indonesia membuat tanaman tebu dapat tumbuh berkembang dengan baik. Sejak zaman kolonial belanda sampai sekarang, tebu merupakan salah satu tanaman industri yang cukup besar. Tebu merupakan salah satu jenis tanaman mahal seperti rempah-rempah. Bahkan tebu dikenal sebagai simbol kekayaan bagi kaum berpunya. Konon, kisah tebu bermula dari Papua Nugini sebuah negara yang terletakdi sebelah timur Indonesia berbatasan dengan provinsi Papua. Para ahli sejarah dan arkeolog sepakat bahwa tebu ini berasal dari Papua Nugini. 

Tahukah kalian tanaman tebu merupakan bahan utama membuat pemanis makanan atau minuman? Penamis ini dikenal dengan nama gula.Bukan hanya sebagai bahan membuat minuman atau makanan yang memiliki rasa manis, tebu merupakan sahabat untuk kesehatan. Benarkah? Terbukti tebu sebagai bahan dasar membuat gula mengandung berbagai zat yang sangat bagus mencegah atau melawan berbagai jenis penyakit. Salah satu tanaman tebu yang bermanfaat bagi kesehatan adalah tebu hijau. 
Beberapa manfaat dari tebu hijau di antaranya :
1) mencegah dan menurunkan serangan darah tinggi
2) menurunkan tingkat kolesterol di dalam tubuh
3) mencegah terjadinya osteoporosis
4) mencegah serangan hepatitis
5) bagus bagi perawatan kesehatan gigi dan gusi
6) bermanfaat bagi tubuh sebagai pelawan berbagai jenis virus
7) bagus untuk mengurangi berat badan / diet
Buku ini menambah pengetahuan kita tentang tanaman tebu. Membaca buku ini kita akan mengetahui sejarah, budidaya, proses pengolahan, dan produk-produk apa saja yang dibuat dari tanaman tebu. Selain itu wawasan pengetahuan lebih luas akan kita peroleh jika membaca buku secara sungguh-sungguh.

0 komentar: