Batik Warisan Adiluhung Nusantara

Pengarang    : Artie Musman dan Ambar B. Arini
Penerbit         : Penerbit Andi
Tempat           : Yogyakarta
Tahun              : 2011
Kelas              : 790.13 MUS b
Judul Seri       : Koleksi batik seluruh nusantara, Makna, pola dan motif, Tempat wisata dan belanja batik, Tips merawat batik
Subjek            :Batik - Warisan Nusantara
Kolasi             : 186 p. : ill ; 25 cm
ISBN               : 9789792922400
Ringkasan     : 
Batik adalah warisan adiluhung bagi Bangsa Indonesia yang sudah mendunia. Batik merupakan perpaduan antara seni (art) dan kerajinan (craft) pada kain dengan menggunakan teknik pelapisan lilin secara tradisional. Menurut terminologi, Batik merupakan rangkaian kata 'mbat' dan 'tik'. 'Mbat' dalam bahasa Jawa diartikan sebagai 'ngembat' atau melempar berkali-kali, sedangkan 'tik' berasal dari kata titik. Jadi, membatik berarti melempar titik-titik berkali-kali pada kain. Sehingga akhirnya bentuk-bentuk titik tersebut berhimpitan menjadi bentuk garis. Menurut seni rupa, garis adalah kumpulan dari titik-titik. Selain itu batik juga berasal dari kata 'mbat' yang adalah kependekan dari kata membuat, sedangkan 'tik' adalah titik. Ada juga yang berpendapat bahwa batik berasal dari gabungan dua kata bahasa jawa "amba" yang bermakna menulis dan "titik" yang bermakna "titik.

Buku Batik Warisan Adiluhung Nusantara ini sarat dengan berbagai kajian tentang batik. Dimulai dengan sejarah Batik, makna filosofi batik, proses pembuatan batik, hingga ragam dalam pola dan motif.

Buku ini menjadi semakin menarik dengan dibahasnya berbagai tempat belanja dan wisata batik secara lengka, mulai dari kota Yogyakarta. Bantul, Kulonprogo, Solo, Sragen, Pekalongan, Pati, hingga Jakarta. Dengan demikian, buku ini bisa diartikan sebagai berwisata dan berbelanja batik.


Silahkan baca buku ini di perpustakaan SMA N 3 Yogyakarta.
 

0 komentar: