Simple Miracles : Doa dan Arwah

Pengarang    : Ayu Utami
Penerbit         : Kepustakaan Populer Gramedia
Tahun              : 2014
Tempat           : Jakarta
Kelas              : 899.221 UTA s
Subjek            : Sastra - Indonesia
Kolasi             : 177 p. ; 20 cm
ISBN               : 9789799107794
Ringkasan     :
Selama dua puluh tahun pertama hidupku, kisah arwah hanyalah dongeng yang beredar dari mulut ke mulut. Bibi Gemuk dan Bibi Kurus adalah agen utamanya. Kakak sulungku Cicilia menjadi penyalur generasi kedua. Anehnya mereka semua suka bikin kue. Aku penikmat cerita hantu dengan dua kepribadian; aku beralih-alih antara sosok yang asyik percaya dan yang skeptis. Sambil makan brownies buatan Cicilia atau bolu spekuk buatan Bibi Gemuk. 
Ketika aku menjelang dua puluh, Cicilia menikah. Umurnya 28. Pada eranya, usia itu tergolong lumayan telat kawin. Ibu dan ayahku lega dan bahagia, akhirnya memetik menantu pertama. Aku juga senang. Kakak sulungku, yang sayang, gemas, sekaligus sebal padaku itu memasuki tahap baru kehidupan. Ia akan bebas dari tugas mengurus adik. Setelah menceboki aku dengan jempol kaki, menggodaku hingga menagis geru-geru, lalu bertahun-tahun menjaga, mengantar kami ke sekolah, mengambil rapor dan bernegoisasi tentang jumlah uang sekolah, membikin brownies, membiarkan aku bolos, menakuti-nakuti kami dengeng hantu dan cerita kehabisan uang belanja, memanjakan kucing-kucing dan burung beonya bernama Hercules. Kini ia membangun keluarga baru. Ketika itu kami telah berumah di Jakarta. Rumah ayah di Bogor tetap di huni sepasang Bibi Gemuk dan Kurus.
Spiritualisme kritis adalah penghargaan pada yang spiritual tanpa menghianati nalar kritis. Buku pertama seri ini adalah kisah nyata satu keluarga; satu anggotanya dapat berkomunikasi dengan arwah; seorangnya lagi berusaha bersikap kritis namun terbuka terhadap gejala itu. Suatu ketika si pelihat menyebutkan jadwal wafat ibunya tercinta. Ibu akan meninggal pukul delapan tiga hari lagi ...
Informasi tentang masa depan atau dunia roh menggelisahkan dan membikin rentan manusia. Ada yang memburunya, ada pula yang sama sekali menutup diri terhadapnya. Simple Miracles bercerita tentang keajaiban-keajaiban sederhana berkenaan dengan doa, kematian, dan arwah; serta bagaimana nalar mencoba mencernanya.
 

0 komentar: