Sosok - sosok Inspiratif Antologi Biografi dan Karya Cerpenis Yogyakarta

Pengarang   : Herry Mardianto, Siti Ajar Ismiyati, Ahmad Zamzuri, Achmad Abidan
Penerbit       : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Balai Bahasa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Tahun            : 2014
Kode Buku   : 928.9 MAR s
kolasi            : xii, 360 p. ; 20 cm
ISBN             : 9786021048092
Ringkasan   :
Yogyakarta adalah sebuah kota yang banyak melahirkan nama-nama "besar" dalam dunia kesenian (termasuk dunia kesusastraan). Nama-nama seperti Affandi, Mangunwijaya, Nyoman Gunarsa, Kuntowijoyo, Umar Kayam, Rendra, Emha Ainun Najib, Soebagio Sastrowardoyo, Arifin C. Noer, dan bahkan Sapardi Djoko Damono merupakan nama-nama seniman besar yang terkait erat dengan Yogyakarta. Iklim pergaulan kepengaragan yang kondusif, komprehensif, dan kental di kalangan para peminat seni di kota Yogyakarta menyebabkan kota Yogyakrta produktif dalam melahirkan seniman (sastrawan). Selebihnya, kota Yogyakarta menyediakan lahan subur yang relatif lebih istimewa dibandingkan dengan kota lain. Keberadaan perguruan tinggi yang memiliki fakultas sastra dan cabang - cabang kesenian lain, menjadikan Yogyakarta hadir sebagai salah satu wilayah dengan potensi seniman dan intelektual muda yang cukup tangguh.
Berbeda dengan antologi biografi yang sudah ada, buku Sosok-sosok Inspiratif: Antologi Biografi dan Karya Cerpenis Yogyakarta dilengkapi dengan contoh karya berupa cerita pendek yang dipilih secara acak. Kehadiran buku ini hanya kerupangan yang ada. Keterbatasan waktu membuat buku ini hanya memuat beberapa biografi cerpenis yang data-datanya sudah tersedia, tentu ini tidak bermaksud menyampingkan peran dan sepak terjang cerpenis yang belum tersentuh. 
Buku ini dapat memberikan wawasan tambahan bagi pembaca khususnya bagi pecinta karya sastra dalam perkembangan karya sastra dewasa ini khususnya di kota Yogyakarta.  

0 komentar: