Kopi : Seri Tanaman Bahan Baku Industri

Pengarang : Bambang Haryono, S.T.P
Subyek       : Kopi - Seri Tanaman Bahan Baku Industri
Penerbit     : Trisula Adisakti
Tahun          : 2013
Tempat       : Indonesia
Klasifikasi  : 633.7

Kolasi         : 80 hlm

Sinopsis     :
Kopi adalah salah satu jenis tanaman hasil industri. Kopi dapat diramu menjadi berbagai jenis minuman yang dapat dihidangkan dan terasa nikmat. Tanaman kopi harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi menjadi minuman yang merakyat. Industri pengolahan sumber daya alam semakin berkembang untuk kebutuhan dan keinginan semua orang. Berbagai bentuk kebutuhan hidup kita seperti minyak goreng, sabun mandi, obat-obatan, makanan olahan, tempat tinggal, pakaian, dan berbagai macam kebutuhan hidup berkembang dan semakin beragam, dari jenis maupun kualitasnya. 

Perkembangan ini menuntut adanya pasokan bahan baku yang kontinyu dan berkualitas baik. Sayangnya banyak bahan baku sumber daya alam khususnya dari tanaman saat ini belum diolah secara optimal. Sebaliknya banyak hasil alam yang dijual mentah baik di dalam negeri maupun untuk ekspor. Padahal dari tanaman tersebut jika diolah dapat menghasilkan bahan baku untuk industri yang mempunyai nilai ekonomi lebih tinggi. Oleh karena itu diperlukan kemampuan proses pengolahan sumber daya alam tanaman sehingga bisa menghasilkan bahan baku bagi industri.
Buku Seri Mengenal Tanaman Bahan Baku Industri yang terdiri 20 buku memberikan gambaran secara ilmiah populer dilengkapi dengan foto dan ilustrasi sehingga mudah dimengerti. Buku ini memberikan informasi mengenai jenis, budidaya secara ringkas, kegunaan dari masing-masing tanaman, khususnya penggunaan sebagai bahan baku di dunia industri. Seri buku ini akan bermanfaat bagi masyarakat umum khususnya para pemerhati industri pengolahan sumber daya alam. 
Membaca buku ini diharapkan para siswa kelak mengetahui bahwa kekayaan hayati yang dimiliki di negeri nusantara, dapat memanfaatkannya secara optimal dan memiliki nilai tambah jika melalui proses industri dan diekspor ke luar negeri. Dengan mengetahui kekayaan alam Indonesia, para siswa akan memiliki rasa cinta negara dan memiliki kesadaran tinggi untuk memelihara kekayaan alam tersebut sebagai karunia Tuna Yang Maha Kuasa.  

0 komentar: