LANGKAH SUKSES MENUJU OLIMPIADE KOMPUTER TINGKAT SMP/ SMA/ MA

Pengarang : Nur Rokhman
Subyek       : Olimpiade - Komputer - SMA/MA
Penerbit     : PT. Bina Prestasi Insani
Tahun          : 2012
Tempat       : JAKARTA
Klasifikasi  :
371.366.0
Kolasi         : 169 hlm.


Sinopsis     :
Lomba keilmuan selain merupakan ajang untuk menunjukkan prestasi, secara umum juga dapat digunakan sebagai parameter keberhasilan pendidikan pada suatu daerah. Secara nasional, lomba keilmuan dilaksanakan oleh Departemen Pendidikan Nasional, mulai tingkat kabupaten/ kota, propinsi sampai tingkat nasional, yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Pada tingkat internasional, lomba dalam bidang Komputer dikenal dengan nama International Olympiad in Informatic (IOI).

Tidak seperti bidang studi lain yang dilombakan dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN), materi lomba bidang komputer sangat berbeda dengan materi pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) yang diajarkan di sekolah, baik SMP maupun SMU. Materi OSN bidang komputer lebih mengarah pada penyusunan strategi pemecahan masalah secara algoritmis yang harus dituangkan dalam bentuk program komputer.
Buku ini dibuat guna memberikan penjelasan dasar atau pengantar kepada siswa yang berminat pada lomba keilmuan dalam bidang komputer. Buku ini ditulis dengan bahasa sederhana, praktis dan mudah dipahami atau dipraktikkan. Tidak banyak teori yang diberikan sehingga dengan berbekal pengetahuan matematika dn logika sederhana, seseorang dengan mudah memahaminya. Buku ini mengupas berbagai aspek algoritmis pemrograman yang dikombinasikan dengan pembahasan soal-soal OSN. Sengaja buku ini hanya fokus membahas aspek pemrograman yang nantinya dibutuhkan pada pengembangan strategi penyelesaian masalah secara algoritmis.
Pokok bahasan dalam buku ini :
1) Pengertian dasar
2) Program-program sederhana
3) Kontrol proses
     - Sekuensial
     - Percabangan
     - Perulangan
    -  Konturksi tersarang 9nested)
4) Tipe data terstruktur
5) Subprogram
    - Prosedur
   - Fungsi
   - Rekursif


Tentang penulis 
Nur Rokhman pernah menjadi dosen STMIK AKAKOM Yogyakarta tahun 1994-1996. Mulai tahun 1997 sampai dengan sekarang bekerja sebagai dosen di Ilmu Komputer UGM dan tergabung dalam Laboratorium Komputasi Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika UGM. Sejak 2005 aktif sebagai pembina siswa yang akan berlaga dalam ajang lomba keilmuan bidang komputer dari tingkat Kabupaten, Propinsi, Nasional, dan Internasional.



 

0 komentar: