Kelapa Sawit : Seri Tanaman Bahan Baku Industri

Pengarang   : Bambang Haryono, STP  
Subyek        : Teh - Tanaman bahan baku Industri
Penerbit       : PT Trisula Adisakti
Tahun           : 2013
Tempat         : Indonesia
Klasifikasi     : 633.7 
Kolasi           : 80 hlm 

Sinopsis        :

Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman penghasil minyak kelapa sawit. Kelapa sawit memiliki nama ilmiah Elaeis guineensis. Tanaman ini merupakan tanaman asli dari negara Afrika. Nama ilmiah kelapa sawit berasal dari bahasa Yunani. Elais dalam bahasa Yunani disebut elaion, berarti oli atau minyak, sedangkan guineensis merujuk pada asal tanaman ini, yaitu Guina Coast (Pantai Gading). Kelapa sawit menyebar dari Afrika ke Benua Ameriika, Asia, hingga ke Asia Tenggara.
Kelapa sawit pertama kali di tanam di Kebun Raya Bogor pada tahun 1884. Tanaman kelapa sawit didatangkan dari Mauritius, Afrika. Saat itu, yang menjadi direktur Kebun Raya Bogor adalah Johannes Elyas Teysman. Tanaman kelapa sawit menjadi cikal bakal tanaman perkebunan sawit di Nusantara. Perkebunan kelapa sawit pertama kali dibuka di Sumatera Utara pada tahun 1911. Adrian Hallet, warga negara Belgia, menjadi orang yang pertama membuka perkebunan kelapa sawit oleh Maskapai Oliepalmen Cultuur. Di Pulau Raja dibuka perkebunan kelapa sawit oleh Maskapai Huilleries de Sumatera (RMCA). Diteruskan kemudian oleh Seumadam Cultuur Mij, Sungai Liput Cultuur Mij, Mapoli, Tanjung Genteng oleh Palmbomen Cultuur Mij, Madang Ara Cultuur Mij, Deli Muda oleh Huilleries de Deli. Hingga tahun 1915, luas perkebunan yang dibuka mencakapi 2.175 hektar. Pada mulanya kelapa sawit ditanam bersamaan dengan tanaman industri lainnya seperti karet, kopi, kelapa, dan tembakau.
pada tahun 1916 telah berdiri perkebunan di Sumatera Utara sedangkan di Jawa berdiri 3 perkebunan. Pada tahun 1920 telah berdiri 25 perkebunan di Sumatera Timur, 8 perkebunan di Aceh, dan 1 perkebunan di Sumatera Selatan. Sampai tahun 1939 telah berdiri 66 perkebunan. Luas perkebunan mencapai 100 ribu hektar. Maskapai - maskapai besar yang menaungi perkebunan - perkebunan tersebut adalah HVA, RCMA, Sofcindo, Asahan Cultuur Mij, LCB MAyang, Deli Mij, dan Sungai Liput Cultuur Mij. 
Kelapa sawit dan buahnya memiliki beragam manfaat. Kelapa sawit dapat dibuat berbagai jenis makanan, minuman, atau obat-obatan, sedangkan pohonnya dapat dibuat meja, lemari, atau kursi. Buku ini menambah wawasan kita seputar kelapa sawit dan pengolahannya, sehingga menambah pengetahuan kita tentang pohon kelapa sawit. 
 
Silahkan baca buku ini
hanya di perpustakaan PADMANABA  

0 komentar: