Secret Garden : Taman Rahasia

Pengarang    : Frances Hodgson Burnett
Alih Bahasa  : Barokah Ruziati
Subjek           : Novel Terjemahan
Penerbit        : Gramedia
Tahun             : 2010
Tempat          : Jakarta Selatan
Kolasi            : 320 halaman
Kelas             : 899.221
Ringkasan    : 

Tempat itu adalah belantara musin gugur berwarna emas dan ungu, biru lembayung dan merah menyala, dan pada setiap sisinya gerumbul-gerumbul bunga lili-lili berwarna putih atau putih dan merah delima. Mr. Craven ingat betul ketika lili pertama ditanam, sehingga dia tahu pasti inilah saat mereka mekar. Sulur-sulur mawar merambat naik dan bergelantungan dan bergerombol. Sinar matahari yang memekatkan corak pohon kekuningan membuatmu merasa seperti berdiri di dalam perut kuil emas. Pendatang baru itu berdiri diam seperti yang dilakukan anak-anak ketika mengedarkan pandangan ke sekeliling taman.
Betap aneh kisah yang kudengar ini, pikir Archibald Craven, sementara Colin bercerita dalam gaya anak-anak yang tidak bertele-tele. Misteri, Sihir, hean-hewan liar, pertemuan aneh di tengah malam, kedatangan musim semi, harga diri terluka yang mendorong sang Rajah muda berdiri untuk mempermalukan Ben Weatherstaff. Pertemanan yang tidak biasa, akting pura-pura, rahasia besar yang dijaga sangat hati-hati. Pendengarnya tertawa sampai keluar air mata dan sesekali air mata merebak di matanya saat dia tidak tertawa. Atlet, Penceramah, dan Penemu Ilmiah ini adalah sosok manusia muda yang lucu, memikat, dan sehat.
Tugas Ben Weatherstaff membuatnya jarang meningalkan taman dan kebun, tapi pada kesempatan ini dia sengaja membawa sayuran ke dapur, Mrs. Medlock mengajaknya masuk rung pelayan untuk minum segelas bir, mumpung dia sedang di sana pada saat berlangsungnya peristiwa paling dramatis yang pernah disaksikan Misselthwaite Manor selama dipegang generasi yang sekarang. Salah satu jendela yang menghadap ke taman juga memperlihatkan sebagain kecil halaman rumput. Mrs. Medlockyang tahu Ben baru datang dari kebun, berharap dia mungkin sempat melihat majikannya atau bahkan pertemuannya dengan master Collin.
Setelah kematian orangtuanya, Marry Lennox si gadis manja dan pemarah datang dari India untuk tinggal di rumah pamannya, Mr. Archibald Craven. Dia merasa kesepian di rumah besar dan sunyi itu. Namun suatu hari dia menemukan jalan menuju taman rahasia yang sudah bertahun-tahun dikunci. Dengan bantuan Dickon, anak lelaki yang bisa berbicara dengan binatang, dia menghidupkan kembali taman itu dan membuatnya indah. Kegiatan mengurus taman perlahan-lahan mengubah sifat Mary, dan pada akhirnya bukan hanya Mary yang menjadi bahagia karena taman rahasia itu .. 

Baca buku ini 
di Padmanaba Library 
SMA Negeri 3 Yogyakarta

0 komentar: