Gadis Pantai

Pengarang  : Pramoedya Ananta Toer
Genre           : Fiksi - Novel
Penerbit       : Lentera Dipantara
Tahun terbit  : 2009
Tempat         : Jakarta
Kolasi           : 272 halaman ; 20 cm
ISBN             : 9789799731203
 
Ringkasan   :  
Gadis Pantai lahir dan tumbuh di sebuah kampung nelayan di Jawa Tengah, Kabupaten Rembang. Seorang gadis yang manis. Cukup manis untuk memikat hati seorang pembesar santri setempat; seorang Jawa yang bekerja pada (administrasi) Belanda. Dia diambil menjadi gundik pembesar tersebut dan menjadi Mas Nganten : perempuan yang melayani "kebutuhan" seks pembesar sampai kemudian memutuskan untuk menikah dengan perempuan yang sekelas atau sederajat dengannya. 
Mulanya, perkawinan itu memberi prestise baginya di kampung halamannya karena dia dipandang telah dinaikkan derajatnya, menjadi Bendoro Putri. Tapi itu tidak berlangsung lama. Ia terperosok kembali ke tanah. Orang Jawa yang telah memilikinya, tega membuangnya setelah dia melahirkan seorang bayi perempuan.
Roman ini menusuk feodalisme Jawa yang tak memiliki  adab dan jiwa kemanusiaan tepat langsung di jantungnya yang paling dalam. 
Bagi pembaca yang ingin memiliki pengalaman hidup di jaman feodalisme bagus sekali untuk membaca buku ini yang sarat dengan kritik sosial di masa itu. Selamat membaca!

0 komentar: