Chairul Tanjung Si Anak Singkong

Judul              : Chairul Tanjung Si Anak Singkong
Pengarang    : Tjahja Gunawan Direja
Penerbit         : PT. Kompas Media Nusantara
Tahun Terbit   : 2012
Sinopsis         :
Sosok Cahirul Tanjung adalah termasuk salah satu pengusaha papan atas Indonesia, yang disebut berbagai kalangan sebagai 'the rising star' yang merasa bukan anak orang kaya, bukan anak jenderal, bukan pula anak konglomerat.


Sosok berjiwa enterpreneurship yang dalam kurun waktu 10 tahun, mulai saat mengakuisisi Bank Mega dari Bank Karman 1996 hingga 2006, ketika masuk di urutan ke-18 dari 40 orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes dengan total kekayaan pribadi 310 juta dollar AS atau lebih dari Rp 2,8 trilliun. Maret 2012 majalah yang sama mengeluarkan daftar 1.226 orang terkayadi dunia, 17 di antaranya urutan ke-634 dengan kekayaan pribadi 2,0 milliar dollar AS. 

Chairul Tanjung tidak membantah julukan 'the rising star' tetapi membantah disebut pengusaha dadakan, sebab dia merasa semua diperoleh berkat kerja keras bertahun-tahun sejak mahasiswa. Dimulai dari usaha fotokopi, industri alas kaki, keuangan, lantas menggurita ke berbagai usaha, bahkan mengkuisisi perusahaan asing (Carrefour). Payung perusahaan Para Group pun diubah jadi CT Corp (Chairul Tanjung Corpora), tidak lagi berfokus pada bidang keuangan, properti, dan media. 

Berkat kerja keras dan kerja tuntas, dia berhasil mengubah dirinya dari nobody yang tidak diperhitungkan menjadi somebody yang diperhitungkan banyak orang.

0 komentar: