Kerajinan Tradisional

Pengarang   : Emiliana Sadilah
Penerbit        : Balai Pelestarian Nilai Budaya DIY
Tahun             : 2013
Tempat          : Yogyakarta
Kolasi            : x, 168 p. : ill ; 21 cm
Sinopsis        : 
Industri kerajinan yang berkembang di masyarakat tidak terlepas dari unsur tradisi dan budaya setempat. Hal itu tertuang juga dalam buku ini yang memberikan gambaran adanyan hubungan antara unsur tradisi dengan perkembangan industri kerajinan khususnya di wilayah Kabupaten Mojokerto dan Sumenep. 
Corak kreasi dari hasil kerajinan masyarakat menunjukkan adanya unsur budaya yang melekat di dalamnya. Unsur budaya tersebut ternyata merupakan faktor penting yang mampu menjaga keberlanjutan usaha kerajinan tradisional. Lebih dari itu, dengan berkembangnya berbagai jenis kerajinan tradisional telah memberikan harapan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui perluasan kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan.
Namun, dalam upaya pengembangan kegiatan industri kerajinan tradisional juga menghadapi berbagai persoalan. Permasalahan - permasalahan tersebut di bahas dan dijelaskan dalam buku ini khususnya berkaitan dengan industri kerajinan kuningan, manik-manik, dan ukiran kayu. Melalui gambaran dari hasil kajian di buku ini diharapkan dapat memberikan pencerahan dan sekaligus pengetahuan untuk memberikan inspirasi dan solusi bagi upaya peestarian industri kerajinan tradisional di tengah-tengah persaingan global yang semakin ketat.   
 

0 komentar: