Seminar Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Baca

Seminar sehari yang menggangkat tema " Pemasyarakatan Perpustakaan dan Minat Baca" diselenggarakan pada hari rabu 5 maret 2014, bertempat di gedung Badan Perpustakaan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Narasumber Prof. Suwarsih Madya, Ph.D (UNY), Drs. H. Sudirwan Hamid, MM, (PNRI) dan Budi Wibowo, SH., MM (BPAD DIY). Kegiatan ini merupakan agenda kegiatan rutin yang diadakan oleh Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI DIY) didukung oleh Perpustakaan Nasional RI, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta, Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta, dan Pro Quest.
Dalam seminar tersebut dibagi dalam tiga sesi. Tema "Revitalisasi Fungsi Perpustakaan dalam Membangun Masyarakat Belajar" yang dibawakan oleh Prof. Suwarsih Madya, Ph.d. Menyebutkan bahwa fungsi keberadaan perpustakaan bagi masyarakat khususnya masyarakat di provinsi DIY sebagai provinsi pendidikan harus mampu membangun masyarakat belajar dimana informasi, layanan, dan fasilitas rujukan yang memberi andil pada pembangunan masyarakat. Perpustakaan sebagai koleksi sumber informasi dan sumber sejenis yang tertata, yang dibuat mudah diakses oleh masyarakat yang telah ditentukan oleh rujukan atau peminjaman. Ia menyediakan akses fisik atau digital untuk materi, dan mungkin gedung atau ruang fisik, atau maya, atau dua-duanya.
Dijelaskan juga oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta, bapak Subandiro, MM bahwa minat baca dapat ditumbuhkan sejak dini mulai dari lingkup keluarga, dimana peranan orang tua sangat menentukan untuk mendidik anak agar memiliki kebiasaan membaca, majalah, koran, maupun bacaan ringan, dengan harapan setelah dewasa mereka akan menyukai membaca buku baik di lingkungan sekolah, perpustakaan maupun di tempat umum. Budaya membaca semenjak dini akan memumbuhkan kebiasaan yang positif harapannya dapat menciptakan masyarakat yang gemar membaca, dimanapun dan kapanpun. Budaya membaca dan menulis merupakkan awal dari peradaban manusia yang lebih maju. Dikarenakan dengan budaya membaca dan menulis dalam masyarakat akan mampu menciptakan peradaban manusia yang lebih maju dibandingkan dengan negara lain.  
 

0 komentar: