Buku Panduan Praktikum Olimpide Biologi (TOBI) : Kumpulan Modul Praktikum Biologi untuk Persiapan Olimpiade Sains Nasional/ Internasional


Pengarang : Angga Dwiartama
Subyek       : Olimpiade Sains - Biologi - SMA
Penerbit     : Tim Olimpiade Biologi Indonesia
Tahun          : 2011
Tempat       : Bandung
Klasifikasi  :
371.3
Kolasi         : 129 hlm.


Sinopsis     :
Biologi murupakan ilmu hayati yang akan terus berkembang dan dibutuhkan selama manusia hidup di muka bumi ini. Perekmbangan ilmu biologi diberbagai bidang seperti bioteknologi, lingkungan, pertanian, peternakan, dan medik telah memberikan sumbangan besar terhadap kehidupan masyarakat. Perkembangan ilmu biologi saat ini memungkinkan manusia untuk melakukan pemuliaan tanaman, pembuatan clone tanaman yang tahan hama, pemulihan lahan
kritis, pengolahan sampah yang lebih baik, penemuan jenis obat baru, dan sebagainya. Biologi sebagai ilmu dasar memiliki aplikasi luas di berbagai bidang dan memiliki prospek cerah.
Indonesia secara umum telah mengenalkan teknik-teknik biologi mulai tingkat SLTP, SMU hingga Universitas. Pada ajang Olimpiade Sains Nasional maupun International Biology Olmpiad. Kegiatan praktikum merupakan salah satu kriteria diuji disamping pemahaman teoritikal bobot nilai praktek dan teori umumnya sama.
Buku ini sebagai buku pertama Tim Olimpiade Biologi Indonesia (TOBI) yang membahas secara khusus mengenai kegiatan praktikum biologi. Buku ini merupakan kompilasi dari modul praktikum biologi yang umum dilakukan di universitas dan kegiatan pelatihan khusus. Buku ini ditulis para ahli dan asisten peneliti yang memiliki kemampuan dan pengalaman di bidangnya. Melalui buku ini diharapkan membantu para siswa dalam menguasai teknik-teknik dasar biologi sehingga meningkatkan kompetensi siswa di dunia internasional.

0 komentar: