Paradigma Pendidikan Islam : Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah

Pengarang    : Drs. Muhaimin, M.A.
Editor             : Siti Laihan Azizah
Lay out           : Dedi Junaedi
Penerbit         : Remaja Rosdakarya
Tahun              : 2012
Tempat           : Bandung
Kelas              : 2X7.3 MUH p
Subjek            : Ilmu - Pendidikan Agama Islam
Kolasi             : xi, 320 p. : ill ; 25 cm
ISBN               : 9789796921096
Ringkasan     :
Pola kajian kependidikan Islam di Indonesia sebagaimana terdapat dalam literatur - literatur yang tersedia selama ini, pada dasarnya terfokus pada tiga kategori, yaitu (1) kajian - kajian sosio-historis pendidikan Islam; (2) kajian pemikiran dan teori pendidikan Islam; dan (3) kajian metodologis pendidikan Islam. Buku ini lebih difokuskan pada point kedua dan ketiga, yaitu kajian tentang aspek pemikiran (filosofis) dan metodologi sekaligus.
Ajaran suci Islam sebagaimana tertuang dan terkandung dalam kitab suci Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah Saw,
sebenarnya kaya akan fundamental doctrines dan fundamental values dalam berbagai aspek kehidupan manusia, yang dapat digali dan ditangkap sesuai dengan disiplin keilmuan atau bidang keahlian seseorang. Para pemerhati dan pengembang pendidika Islam akan berusaha menangkap dan menggalinya dari aspek kependidikan.  
Salah satu model penggalian dan pengkajian terhadap fundamental doctrines dan fundamental values dari Al-Qur'an dan Sunnah yang dilakukan oleh para ulama atau pemerhati dan pengembang pendidikan Islam adalah "Model Prerenial Essensialis Kontekstual, yakni upaya memahami ajaran-ajaran dan nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Al-Qur'an dan al Sunnah al-shalihah dengan mengikutsertakan dan mempertimbangkan khazanah intelektual muslim klasik di bidang pendidikan,serta mencermati kesulitan-kesulitan dan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan kesulitan-kesulitan dan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh dunia pendidikan modern. Jadi, model ini selalu mempertimbangkan Al-Qur'an dan al-Sunnah al-shalihah, khazanah pemikiranklasik di bidang pendidikan, serta pendekatan keilmuan dan pengalaman-pengalaman pendidikan muncul pada abad 19 dan 20 M dan atau masyarakat kontemporer.
Berbicara tentang Pendidikan Islam, agaknya sangat idealis dan utopis bila hanya berkutat pada persoalan fundasional filosofis karena kegiatanpendidikan sangat concern terhadap persoalan - persoalan operasional. Di antara kelemahan dari kajian pendidikan Islam yang selama ini ditulis dalam literatur-literatur kependidikan Islamadalah mereka kaya konsep fundasional atau kajian kesenjangan antara teori dan praktik, atau antara dimensi fundasional dan operasional, dan atau mencari titik temu antara keduanya maka kehadiran buku berupaya untuk mengkaji keduanya sekaligus, yang difokuskan pada pandangan mendasar tentang persoalan pendidikan Islam dan pengembangannya dalam konteks desain pembelajaran pendidikan agama Islam. Kajian dalam buku ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang dalam bagi pengembangan pemikiran pendidikan Islam yang sekaligus diaktualisasikan daam bentuk perencanaan atau desain pembelajaran agama Islam.   

Silahkan membaca buku ini di Perpustakaan SMA N 3 Yogyakarta

0 komentar: