Materi Persiapan Olimpade Kimia Anorganik Jilid 1 Tingkat SMA/ MA

Pengarang : Ismunaryo Moenandar
Subyek       : Olimpiade Sains - Kimia Anorganik - SMA
Penerbit     : PT. Bina Prestasi Insani
Tahun          : 2012
Tempat       : Depok
Klasifikasi  :
371.345.0
Kolasi         : 428 hlm.


Sinopsis     :
Ilmu kimia sebagai bagian ilmu sains, merupakan bidang ilmu yang sangat dekat dengan kehidupan nyata, ilmu kimia setia menemani aktifitas kehidupan manusia. Ilmu kimia melekat dengan aktifitas kehidupan, lingkungan, dan alam semesta. Ilmu kimia sangat fundamental. Kurikulum bagi siswa SMA/ MA masih O level (Original level). Oleh karenanya dengan mempelajari dan memahami level A buku kimia ini diharapkan siswa SMA/MA akan lebih mampu menghadapi soal-soal di lomba atau seleksi olimpiade sains, mulai tingkat kab/kota, provinsi, sampai dengan nasional.
  
Buku ini dengan lengkap merangkum silabus kurikulum kimia sekolah menengah umum plus, atau dapat dikelompokkan dalam silabus kurikulum kimia level A, tentu saja kandungan dan bobot isi materi kimia ini setingkat lebih tinggi dari kurikulum nasional bidang kimia. Hal ini sengaja penulis susun untuk disajikan kepada para siswa yang menggandrungi maraknya persaingan untuk merebut tiket ke Olimpiade Sains Nasional khusus bidang kimia, sekaligus bisa untuk bekal ujian masuk perguruan tinggi.
Bidang kimia yang terkandung di dalam buku ini diberi judul Kimia Anorganik agar terpisah dengan Kimia Karbon atau populer dengan istilah Kimia Organik.
Naskah dalam buku ini disusun per topik dalam tingkatan yang berjenjang dalam kaitan lanjutan dari Buku I, yang meliputi Termodinamika Kimia, Tabel Periodik Unsur, Unsur Golongan II, Unsur golongan IV, Unsur Golongan VII, Nitrogen dan Sulfur, Unsur Transisi, Kompleks Unsur Transisim Kesetimangan Fasa dan terakhir Radiokimia.
Kimia Anorganik pada Buku II memiliki kedalaman materi nyata diibandingkan dengan kurikulum Kimia yang setara. Pada topik kesetimbangan fasa dilengkapi dengan informasi Analisis Kimia tentang kimia kualitatif dan kuantitatif, sebagaimana dikenal peralatan dalam metode Kromatografi, mulai yang sederhana hingga tingkat tinggi ketelitian dan akurasi.

0 komentar: