Diskusi bedah pustaka langka berjudul "Naskah Kuno Kacurigan" di kantor BPAD DIY Unit Malioboro

Acara bedah pustaka langka bertempat di Gedung Teater BPAD DIY Unit Malioboro ini dipimpin oleh narasumber kepala bagian Koleksi Pustaka Langka bapak Agus. Acara dilaksanakan pada hari rabu tanggal 8 oktober 2014, pukul 08.00 s/d 11.00 wib diikuti oleh beberapa tamu undangan pustakawan,  guru dari beberapa sekolah menengah atas di kota jogja, juga beberapa komunitas mahasiswa dan masyarakat umum. 


Dalam acara ini membahasa sebuah koleksi buku langka berjudul "Pakem Kacurigan"
atau Keris Jawa antara Mistik dan Nalar, karya Haryono Haryoguritno. Buku ini membebeberkan dan menjelaskan tentang seluk beluk serta asal mula benda pusaka bernama keris. Asal mula pusaka keramat ini yang secara tidak langsung merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia tersebar kesegala penjuru daerah di nusantara. Kacurigan atau nama lainya "Keris" merupakan benda keramat yang memiliki filosofis tinggi erat dihubungkan dengan nilai-nilai tradisi budaya masyarakat Jawa. Keris dapat juga dikatakan sebagai hasil budaya masyarakat jawa. Nilai filosofis ketuhanan, mitos, keluhuran budi pekerti masyarakat jawa nusantara kala itu dapat kita lihat dan pelajari melalui keris.  
Melalui acara Bedah Pustaka Langka ini kita akan belajar sejarah masyarakat jaman dahulu, mempelajari tradisi, nilai - nilai kebudayaan yang saudah berkembang sedemikian maju. Acara semacam ini penting karena dapat menambah wawasan serta khasanah pustaka langka yang dimiliki sebagai warisan nenek moyang bangsa Indonesia.





0 komentar: