UNDANG UNDANG DASAR 1945 & PERUBAHANNYA

Judul Seri     : Plus Sejarah Proklamasi, Amandemen Lengkap UUD 45, Sistem Pemerintahan Negara RI, Pemerintahan Daerah, Susunan Kabinet Indonesia Bersatu
Pengarang   : Tim Buku Pintar
Penerbit       : Buku Pintar
Tahun            : 2011
Kode Buku   : 332.4 TIM u
kolasi            : 123 p. ; 22 cm
Ringkasan    : 
Proklamasi kemerdekaan Indonesia terjadi pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 tahun Masehi, atau 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang. Pembacaan teks proklamasi dilakukan oleh Soekarno didampingi Drs. Mohammad Hatta, di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta Selatan.
Pada tanggal 6 Agustus 1945, Amerika mengebom Hiroshima, dan pada tanggal 9 Agustus menjatuhkan bom lagi di Nagasaki. Soekarno, Hatta sebagai pimpinan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Republik Indonesia) terbang ke vietnam untuk bertemu Marsekal Terauchi. Pada tanggal 12 Agustus, Terauchi mengatakan kepada Soekarno, Hatta dan Radjiman, Kemerdekaan Indonesia bisa segera diproklamirkan. Jepang menginginkan kemerdekaan bisa dilakukan pada tanggal 24 Agustus.
Syahrir yang mengetahui kekalahan Jepang lewat radio pada tanggal 10 Agustus 1945 mendesak Soekarno dan Hatta untuk sesegera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Menurut Syahrir, itu akan berdampak seolah-olah kemerdekaan hanya hadiah dari Jepang bukan hasil perjuangan. Namun pada saat itu, Soekarno dan Hatta menjelaskan hasil pertemuan dengan Terauchi dan menolak keinginan Syahrir.
Jepang pada tanggal 14 Agustus 1945 menyerah pada sekutu. Tapi tentara Jepang masih berkuasa di Indonesia, karena mereka telah berjanji untuk memberikan kemerdekaan pada tanggal 24 Agustus. Golongan muda mendesak golongan tua untuk segera memproklamirkan kemerdekaan, tapi golongan tua menolak dengan alasan, khawatir akan terjadi pertumpahan darah Soekarno dan Hatta telah mempersiapkan pertemua pada tanggal 16 Agustus guna mempersiapkan proklamasi kemerdekaan. Namun rapat PPKI tersebut batal, karena Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok oleh golongan muda.
Pada tanggal 17 Agustus, terjadi perundingan antara golongan muda dan golongan tua dalam penyusunan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang berlangsung pukul 02.00 - 04.00 dini hari. Pada tanggal 17 Agustus 1945, pukul 10.00 dilakukan pembacaan proklamasi dan pidato singkat oleh Soekarno. Bendera merah putih dikibarkan dan lagu kemerdekaan dinyanyikan. 
 
   

0 komentar: