Seminar Perpustakaan Knowledge Learning : Young Librarians Speaks Up Building Librarianship from Practice to Innovation

Acara seminar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri, Sabtu 17 Desember 2016. Mengundang narasumber yang berkompetensi di dunia perpustakaan : Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, M.Si, Mohammad Mursyid, S.IP, Triyanto, S.IP dan Teguh Prasetyo Utomo, A.Md.
Pada sesi pertama dibuka oleh narasumber ibu Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, M.Si, beliau menjelaskan tentang peran utama sebagai seorang pustakawan diantaranya : 
1. Agen perubahan yang mampu mengajak 
orang lain dilingkungannya untuk melakukan perubahan terutama dibidang ilmu pengetahuan. Memberikan contoh positif dan mengajak kepada kebaikan.
2. Pemimpin, sebagai seorang individu yang mampu memimpin baik dirinya sendiri atau orang disekitarnya.
3. Blended Skill (campuran), sebagai seorang pustakawan yang mampu memiliki banyak kemampuan dan ketrampilan.
4. Skill Pendagogik diartikan sebagai seorang pengajar, pustakwan harus bisa mengajar menularkan ilmu kepada orang lain.
5. Embleded Skill  
6. Learning Common (ruang untuk melakukan inovasi pembelajaran)
Seminar ini diikuti oleh beberapa mahasiswa
jurusan ilmu perpustakaan dan beberapa tamu undangan dari beberapa sekolah dilingkungan dinas pendidikan kota. Diharapkan melalui acara knowledge sharing ini bisa berbagai ilmu dan wawasan khususnya bidang ilmu perpustakaan sehingga mampu mengembangkan kemampuan yang dimiliki sebagai seorang pustakawan yang bertugas dilingkungan sekolah atau di masyarakat.

0 komentar: