Melacak Jejak Rupa : Kumpulan Catatan tentang Seni Rupa

Penulis   : Kuss Indarto
Editor     : Stanislaus Yangni
Desain Grafis : Andika Indrayana
Penerbit : UPTD Taman Budaya Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta
Tahun      : 2016
Tempat   : Yogyakarta
Kolasi     : xxi, 330 p. : ill ; 25 cm
Buku ini berisi kumpulan seni rupa yang selama ini berkecimpung dan bergelut dengan suntuk di dunianya selama bertahun-tahun. Perkembangan dunia seni rupa di
Yogyakarta dan Indonesia sedikit banyak dibicarakan dalam buku ini. 
Dunia seni rupa di Yogyakarta telah berkembang begitu pesat melampaui kawasan lain di Indonesia, bahkan di Asia Tengara. Banyak seniman atau perupa berkualitas lahir, tumbuh, berprofesi dan berjaya di kawasan Yogyakarta. Kenyataan yang tidak lepas dari dua aspek historis dan edukasi. Aspek historis seperti keberadaan keraton Ngayogyakartahadinigrat yang telah berusia lebih dari dua abad telah memberikan atmosfir yang subur bagi perkembangan dunia kreatif dari waktu ke waktu. Berawal dari para orang kreatif yang berkolaborasi dengan keraton kemudian melahirkan karya-karya seni budaya meski belum memiliki nama hingga bergeser pada jaman modern ketika seniman bekerja secara individual serta memunculkan nama personal sang seniman. 
Aspek edukasi ketika Presiden Soekarno pada tahun 1950 meresmikan pendirian lembaga pendidikan ASRI (Akademi Seni Rupa Indonesia). Hal ini membawa dampak positif yang meluas pada tahun-tahun berikutnya hingga sekarang.Oleh karena itu, ditilik dari potongan sejarah singkat itu sudah bisa diduga bahwa Yogyakarta merupakan salah satu kawasan penting dalam perkembangan seni rupa di Indonesia. Buku ini merupakan upaya untuk melacak potongan perkembangan sejarah seni rupa yang ada di Yogyakarta. Kompilasi peristiwa besar, menengah, dan besar, yang sempat mewarnai dinamika di Yogyakarta.
   
 

0 komentar: