Jumat Hijau

Penulis         : Elvin Post
Penerjemah : Laurents Sipahelut
Tata Letak    : Ellen Kurniawan
Ilustrasi        : Bank Pixel
Penerbit       : Pioner Books
Tahun           : 2013
Tempat         : Belanda
No Kelas      : 899.221 POS j
Kolasi           : 340 p. ; 23 cm
ISBN            : 9789791541756
Ringkasan    :
Kira-kira sepuluh menit setelah Winston Malone memasuki kantor kas, dia kembali melangkah ke luar. Sementara itu, hari mulai hujan. Asap knalpot menggantungseperti kabut pekat di atas aspal yang berkilat-kilat. Dengan dua tangan Malone menggenggam tas olahraga Star Wars itu dan mengangkatnya sampai di atas kepala. Dia tampak melangkah menyamperi taksi pertama yang tersedia. Akan tetapi, dia kemudian ragu dan alih - alih menyetop taksi dia membelok ke kanan dan mulai berjalan ke arah 15th Street. Masih dengan tas olahraga yang diangkat di atas kepalanya bak trofi.
Sungguh heran melihat Malone yang memakai tas berisi duit itu sebagai pelindung dari air hujan. Sepertinya dia lebih memusingkan hujan air daripada sirine polisi yang mulai mendengung di jalan. Malone sekarang menyeberangi 15th Street, dengan tidak mengacuhkan lampu merah, dan belum juga dia menunjukkan tanda-tanda akan menyetop taksi.
Di pintu masuk kantor tidak terlihat ada pergerakan. Orang yang berjalan ke luar lebih mirip nasabah yang kebingungan ketimbang pegawai yang dengan gagah berani mengejar penjahat.
Lima puluh meter dari sana dan Malone masih juga berlagak macam turis. Dia berjalan dengan santainya dan melewati rumah makan jepang di sebentar jalan, tempat dia merapat ke bangunan sebab di sana hujan jatuh kurang deras. Tas itu masih juga dia angkat di atas kepalanya. Satu setengah menit telah berlalu dan Malone baru beranjak dua blok dari kantor kas itu, tetapi sepertinya yang dia hiraukan cuma rambutnya yang mulai basah.
Sirine mulai mendekat dengan cepat, mereka tinggal beberapa blok dari 8th Avenue. Winston menghilang ke dalam rumah makan Meksiko tempat dia belum lama bersantap siang. 

Baca buku ini di perpustakaan padmanaba sma negeri 3 yogyakarta 


0 komentar: