Seminar Perpustakaan di Gedung Pendopo Balaikota Yogyakarta

Pada hari Jumat tanggal 23 Mei 2014 Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah menyelenggarakan Seminar Regional "Peran Perpustakaan dalam Mendukung Literasi Informasi bagi Masyarakat". Kegiatan ini diselenggarakan di Gedung Pendopo Balaikota Yogyakarta dengan Narasumber Dra. M.K. Pontjosiwi W. Asek III Pemkot Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko SE, MM., Kepala ARPUSDA Kota Yogyakarta, Ibu Umi Proboyekti S.Kom, M.Lis Dosen Univ. KDW, dan Bapak Muh Khusnuddin, S.Pd, M.Pd,. Ketua ATPUSI Yogyakarta.
Dalam kegiatan seminar sehari ini menekankan pentingnya kedudukan perpustakaan sekolah sebagai penyedia sumber informasi dan layanan bagi masyarakat dalam menghadapi Era Global Media Informasi. Juga memaparkan bagaimana mempergunakan aplikasi literasi informasi di perpustakaan sekolah. 
Peran perpustakaan di Era Global dalam menyediakan sumber informasi melalui berbagai media secara global merupakan salah satu titik tolak dalam perencanaan layanan, mengembangkan koleksi, menambah pustakawan, membangun infrastruktur teknologi informasi dan menetapkan visi misi perpustakaan. Ketika informasi begitu melimpah dalam berbagai format dari bermacam sumber, perpustakaan perlu melihat peluang untuk mengambil peran penting agar informasi yang berlimpah menjadi penguat keberadaan atau eksistensi perpustakaan. Khususnya Kota Yogyakarta sebagai Kota Pelajar, Pusat Pariwisata, Layanan Jasa Berwawasan Lingkungan Tahun 2014 s/d 2025.
Beberapa hal yang digarisbawahi dari seminar tersebut adalah bentuk layanan dan jenis koleksi serta akses terhadap layanan dan koleksi dari perpustakaan. Tiga hal ini sangat dipengaruhi oleh masyarakat yang dilayani, karena memahami profil masyarakat yang dilayani perpustakaan jenis apapun akan menjadi modal utama untuk menetapkan peran perpustakaan itu sendiri.
 

0 komentar: