Sejarah Runtuhnya Kerajaan - kerajaan di Nusantara

Judul Seri     : Mereka yang Pernah Berjaya dan Kini Tinggal Nama
Nomor buku : 959.801 ADJ s
ISBN             : 9786021676929
Pengarang   : Krisna Bayu Adji
Bahasa         : Indonesia
Penerbit        : Araska
Tahun             : 2014
Tempat          : Yogyakarta
Kolasi            :  260 p. : ill ; 20 cm

Cuplikan      :
Barangkali tidak pernah terpikirkan, bahwa jauh sebelum negara Republik Indonesia merdeka, terdapat ribuan kerajaan baik besar maupun kecil yang tersebar pada berbagai titik di bumi Nusantara. Kerajaan-kerajan yang tidak hanya berada di tanah Jawa dan Sunda, melainkan pula bertebaran di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan lain sebagainya.
Sejarah kerajan di Nusantara mulai terlacak jejaknya semenjak abad ke 2 M. Kerajaan yang berdiri pada masa itu adalah Salakanagara. Sebuah kerajaan tertua yang didirikan Dewawarman I di Teluk Lada ( Pandeglang). Selain Salakanagara, terdapat pula kerajaan-kerajaan tuayang berdiri sejakabad ke 4, antara lain : Tarumanegara, Kutai Martapura, Sriwijaya, Sunda Galuh, Mataram Kuno, Inderapura, Samudra Pasai, dsb. Namun kerajaan-kerajaan itu sekarang tinggalah nama, sesuai mengalami keruntuhan akibat bencana alam, dikudeta, atau kalah dalam peperangan.
Mengetahui riwayat runtuhnya kerajaan-kerajaan di bumi Nusantara yang tidak dimaksudkan untuk menyingkap aib melainkan untuk meningkatkan pengetahuan di bidang sejarah adalah sungguh menarik. Karena sebagai pembaca yang kritis, Anda akan mampu mengaplikasikan pengetahuan itu ke dalam kehidupan keseharian. Pengetahuan yang akan mengajarkan pada Anda untuk selalu bertindak cerdas agar tidak mudah terjerembab ke dalam lubang kehancuran.
Hanya membaca yang diungkapkan secara runtut dan renyah berisi ini, Anda akan menjadi orang pertama yang niscaya mengetahui sejarah runtuhnya kerajaan-kerajaan di Nusantara secara lengkap. Sejarah yang akan membawa Anda untuk sejenak melakukan permenungan masa silam, sebelum menapaki masa depan dengan langkah-langkah cerdas penuh harapan. Selamat membaca.


Perpustakaan Padmanaba
SMA Negeri 3 Yogyakarta


 

0 komentar: