Sakinah Bersamamu

Pengarang  : Asma Nadia
Editor           :Thenita
Layout          : Ade Damayanti
Genre           : Belajar Lebih Bijak Berumah Tangga Melalui Cerita
Penerbit       : AsmaNadia Publishing House
Tahun terbit  : 2014
Tempat         : Jakarta
Kolasi           : xii, 333 halaman ; 20 cm
ISBN             : 9786029672558
Ringkasan   :

Berbeda Itu Pelangi ....
Pernikahan mempertemukan dua karakter yang kadang kala berbeda seperti langit dan bumi, seperti yang terjadi dalam hubungan Mas Danu dan Eni. Perbedaan karakter yang cukup menyolok terlihat di sepanjang sang istri memiliki tipe dan karakter ekspresif, kadang meledak - ledak, yang membutuhkan perhatian dan tindakan empati yang ekspresif pula.

Lalu apakah yang seharusnya dilakukan pasangan yang menikah ketika menemui banyaknya perbedaan karakter? Menikah lagi? Jelas tidak, yang pasti bertahan dan kekeuh dengan karakter sendiri tanpa berupaya melakukan kompromi akan membuat riak - riak dalam lautan pernikahan semakin sering terjadi. Bukan mustahil nantinya riak akan menjelma menjadi gelombang besar yang bisa saja membuat pernikahan kandas.    

Tentu tidak ada yang menginginkan itu. Semua yang menikah berharap, hanya akan menikah sekali. Meski dalam hidup kadang terjadi hal-hal di luar keinginan. Tetapi semoga dengan niat baik dan pengertian antara suami isteri, rumah tangga bisa semakin kuat. 

Sedikitnya itu sadari betul bahwa sebenarnya ada pilihan-pilihan yang bisa dilakukan untuk membuat hubungan ini bertahan, bahkan menjadi langgeng, sekalipun terdapat perbedaan karakter.

Bagaimanakah warna cinta setelah 25 tahun berlalu? Bisakah dia tetap pelangi? Tak ada yang sempurna di kolong langit. Tidak dia, Bang Zaqi, dan pernikahan mereka. Sebab kesempurnaan hanya boleh dilekatkan pada namaNya semata. Riri bukan tidak menyadari hal itu. Tetapi salahkan jika perempuan itu menyimpan harapan bahwa mereka akan memiliki cinta yang sempurna? Ia ingin cinta, hari-hari sakinah, hanya itu yang terbayang saat mengenang perjalanan kasih mereka. Bayang - bayang kebersamaan yang selalu berkejaran begitu jelas di pelupuk mata, setiap kali memandangi Bang Zaqi yang terlelap. Tapi tidak ada cinta yang selama ini nyaris sempurna, diguncangkan badai? Saat sosok yang tak pernah mengecewakan ternyata sanggup menggores luka?
Ini memang bukan kisah cinta sempurna. Tetapi kisah dua anak manusia yang belajar menyempurnakan cinta. Belajar memberi, menerima, dan memperbaharui cinta. Hingga mereka menutup mata.

Buku Sakinah Bersamamu ini berisi 16 cerita pendek lain seputar rumah tangga. Dari cerpen-cerpen di dalamnya ada yang pernah diterbitkan bertahun lalu. Tetapi buku ini bukan hanya sebuah kumpulan cerpen. Pembaca juga akan menemukan obrolan seru dan akrab bersama pengarang disetiap cerita, tentang berbagai ujian rumah tangga. Belajar bijak berumah tangga melalui cerita? Insya Allah. Semoga Sakinah, Mawaddah, dan Rahmah Allah hanya di setiap jengkal rumah kita.

0 komentar: