Melipat Batas

Pengarang    : Keluarga Besar IELSP
Editor             : Desy Wee
Penerbit         : Diva Press
Tahun              : 2013
Tempat           : Yogyakarta
Kelas              : 158.1 IEL m
Subjek            : Motivasi - Pendidikan
Kolasi             : 394 p.: ill ; 25 cm
ISBN               : 9786022790372
Ringkasan     :
Indonesia English Language Study Program (IELSP) adalah salah satu program beasiswa yang diselenggarakan oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF) bekerja sama dengan US Department of State. Penerima Beasiswa ini akan mengikuti insentive English program selama delapan minggu di masing-masing negara bagian di Amerika Serikat, sesuai dengan placement. Selain itu, mereka juga akan belajar bersama-sama dengan mahasiswa dari berbagai negara dan bangsa yang tergabung dalam kelas immersion, terlibat dalam berbagai acara sosial dan budaya, serta mengikuti cross culture understanding sebab mempunyai host family (keluarga asuh) yang akan memberikan banyak pengalaman baru kepada mereka selama di Amerika. 


Selain program intensif belajar bahasa inggris, grantee juga terlibat dalam berbagai acara sosial dan budaya (sesuai dengan program yang telah ditentukan oleh Universitas tempat penerima beasiswa belajar). Di samping itu, biasanya ada satu kesempatan yang diberikan untuk menampilkan kebudayaan masing-masing negara. Khusus untuk Indonesia, mereka menyebutnya Indonesian Day. Di Indonesian Day, ditampilkan beragam kebudayaan dari  masing-masing provinsi yang ada di Indonesia, sesuai dengan penampilan yang ingin ditampilkan oleh para grantee. Mulai dari pakaian adat, lagu daerah, tari-tarian, hingga cendera mata. 

Hingga tahun 2013, IELSP telah dibuka hingga cohort 10, dan setiap cohort rata-rata meloloskan sekitar tujuh puluh orang yang berasal dari seluruh pelosok negeri. Para alumni program ini sudah mencapai lebih dari enam ratus orang di seluruh Indonesia. Para alumni program ini sudah mencapai lebih dari enam ratus orang di seluruh Indonesia. Para alumni tersebut sekarang sudah mempunyai wadah asosiasi bernama IELSP Association Alumni (IAA), yang baru dibentuk dan dideklarasikan bulan April 2013 di Yogyakarta.

Dan, buku ini adalah kumpulan tulisan beberapa alumni IESLP yang mengisahkan perjuangan mereka dalam memburu beasiswa IESLP, kebangkitan mereka dari kegagalan, motivasi dari orang-orang terkasih, serta cerita-cerita berkesan mereka saat berada di Amerika dapat menjadikan pembelajaran hidup.

Ambil dan bacalah buku ini. Siapa tahu Anda orang beruntung selanjutnya yang berhasil menerima beasiswa IELSP. Buku ini terdapat di Perpustakaan SMA N 3 Yogyakarta.  

0 komentar: