Membidik AIDS : Ikhtiar Memahami HIV dan ODHA

Pengarang    : Zubairi Djoerban  
Penerbit         : Galang Press  
Tahun              : 2014  
Tempat           : Indonesia  
Kelas              : 616.979 2 DJO m
Subjek            : Kisah Nyata  
Kolasi             :  v, 370 p. : ill ; 20 cm
ISBN               : 9799799569041
 
Ringkasan Isi  : 
Sampai saat ini HIV/ AIDS menginfeksi sekitar 47 juta manusia. Empat belas juta di antaranya sudah meninggal dunia. Dan sampai sekarang epidemic ini tak juga berkurang percepatan penularannya. Diam-diam, AIDS kini telah menjadi pembunuh ke 4 seluruh dunia setelah penyakit infeksi saluran pernafasan, gangguan saluran cerna, dan TBC.
Di Indonesia, selain stigmatisasi yang masih kuat terhadap pengidap infeksi HIV, masalah lain yang secara langsung juga berpengaruh dalam penatalaksanaan AIDS adalah kondisi krisis ekonomi yang tengah melingkupi negara ini.


Salah satu dampak yang paling dirasakan masyarakat dari adanya krisis tersebut adalah turunnya standar hidup, termasuk dalam bidang kesehatan.
Tantangan yang kini nyata dihadapi masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang bergerak di bidang ini, adalah menetapkan strategi-strategi baru dalam mengantisipasi kemungkinan percepatan menjalarnya strategi lama yang telah terbukti berhasil. Misalnya pelatihan untuk kelompok sebaya. Penetapan strategi baru tersebut antara lain didapat dengan merefleksikan kembali langkah-langkah yang pernah diambil selama kurun waktu kurang lebih 15 tahun (1983) menangani masalah ini. Hasilnya diharapkan bisa menjadi semacam pijakan bagi langkah-langkah penanganan yang akan diambil selanjutnya.
Dalam kerangka inilah, buku Membidik AIDS : Ikhtiar Memahami HIV dan ODHA yang ditulis oleh seorang pakar dan aktivis ini Dr, Zubairi Djoerban Sp.PD, KHOM.



0 komentar: