Mengenal Sastra Lama

Pengarang     : Eko Sugiarto
Penerbit         : Penerbit Andi
Tempat           : Yogyakarta
Tahun             : 2015
Kelas              : 499.22 SUG m
Subjek            : Jenis, Defini, Ciri, Sejarah dan Contoh
Kolasi             : 96 p. : ill ; 25 cm
ISBN               : 9786023720101

Ringkasan       : 
Sastra lama adalah warisan nenek moyang yang sudah sepantasnya mendapat perhatian. Jangan sampai hiruk pikuk kemajuan zaman menenggelamkan warisan yang sangat berharga ini. Atas dasar inilah buku ini di hadapan pembaca dengan harapan bisa mengangkat kembali khazanah sastra lama yang hampir dilupakan keberadaanya agar kembali dikenal oleh masyarakat.

Buku ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama membahas tentang puisi lama yang meliputi pantun, karmina, syair, gurindam, seloka, talibun, mantra, peribahasa atau bidal (mencakup pepatah, perumpaan, dan tamsil) serta bentuk puisi lama lainnya (rubai, ki'ah, gazal, nazam, dan nasmawi). Bagian kedua membahas prosa lama yang meliputi dongeng, fabel, legenda, mite, sage, cerita jenaka, hikayat, cerita berbingkai, cerita pelipur, dan epos.

Selain berisi, definisi, diri dan sejarah aneka karya sastra lama, buku ini dilengkapi contoh sehingga layak dibaca oleh siapapun. Jika Anda adalah pelajar, mahasiswa, pendidik, peminat sastra, maupun masyarakat umum yang tertarik dengan kajian sastra lama. Buku ini adalah salah satu bacaan yang wajib Anda miliki. 
 

0 komentar: