Konsep Dasar Kimia Analitik

Penulis   : S.M. Khopkar
Penerjemah : Aa. Saptorahardjo
Penerbit : Universitas Indonesia Tahun      : 2008 Tempat   : Jakarta Kolasi     : xviii, 447 p. : ill ; 23 cm
ISBN       : 9794560669
Kimia analitik adalah salah satu disiplin yang merupakan tulang punggung ilmu kimia, dan tidak dapat diberikan dalam suatu bentuk bahan studi yang saling terpisahkan dari ilmu kimia karena akan menurunkan kemampuan analisis seorang peneliti. Selama ini kimia analitik hanyalah dipandang sebagai cabang dari ilmu kimia yang berhubungan dengan analisis kualitatif dan kuatintatif. 
Akibat pendekatan klasik terhadap analisis, materi ini menjadi kurang menarik dan berorientasi teknis, dengan sedikit sekali perhatian diarahkan pada aspek fundamental suatu analisis.  
Buku ini ditujukan sebagai suatu buku penuntun bagi mahasiswa setelah sarjana muda yang mengambil bidang studi utama dalam kimia analitik. Daya dan tahapan dari penyajian dalam buku ini didasari pada pengalaman penulis selama
duapuluh lima tahun sebagai pengajar materi ini pada tingkat sarana muda ataupun sarjana di fakultas ilmu pengetahuan dan teknologi. Diharapkan pula buku ini dapat berperan sebagai suatu praktek kimia analitik, serta penelitian dan pengembangan di laboraturium-laboraturium yang utamanya adalah untuk memenuhi langkah pengembangan dari metode-metode modern dibidang analisis kimia. 
Buku ini ditulis dan disajikan dengan menyeimbangkan antara metode lama dan baru. Metode volumetrik dan gravimetrik klasik tetap ditelaah, tetapi perhatian besar utama meliputi metode-metode pemisahan yang lebih baru termasuk ekstraksi pelarut dan berbagai metode kromatografi. Selanjutnya metode analitik optik normal yang terutama berhubungan dengan spektroskopi, teknik-teknik yang digunakan dalam elusidasi struktur juga dicakup. Metode-metode analisis elektro-kimia, teknik termal dan radio kimia juga diberikan.


 

0 komentar: