The Turk and My Mother (Si Turki dan Ibuku)




Pengarang : Mary Helen Stefaniak
Subyek       : Novel terjemahan
Penerbit     : Gramedia Pustaka Utama
Tahun          : 2006
Tempat       : Jakarta
Klasifikasi  : 899.221
Kolasi         : 267 hlm, 23 cm

Sinopsis     : 
Mengapa Agnes yang biasanya kolot hampir pingsan waktu menonton film yang dibintangi Omar Sharif? Benarkah dia bercinta dengan seorang Turki ataukah pria itu orang Kroasia? dulu di Negeri Leluhur? Mengapa Paman Marko tak pernah menyurati keluarganya setelah dia menjadi tawanan pada Perang Dunia I? Bagaimana Nenek bisa kenal dengan Istvan, pemain biola Gipsi yang buta, yang datang berkunjung? Sedangkan si gadis Kaszube dari Polandia, cinta pertama Georgie benarkah dia kakaknya seayah?
Hangat, cerdas, dan ditulis dengan indah, si Turki dan Ibuku menghanyutkan pembaca dalam kenikmatan bercerita. Novel jenaka tentang kehidupan para imigran, kematian yang tak terhindarkan, dan cinta terlarang, buku ini pasti akan memikat hati banyak orang.  
Novel ini merupakan gambaran realitas kehidupan dimana dua pasang insan manusia yang jatuh cinta walaupun berbeda jarak umur. Adat istiadat dan tradisi Turki kental yang melatar belakangi kehidupan masyarakat Turki seperti ingin menceritakan sisi lain bahwa peristiwa seperti itu dapat terjadi, merupakan hal biasa dan dapat diterima oleh masyarakat disana.

Penulis :
Mary Helen Stefaniak adalah penulis Self Storage and Other Stories dan telah memenangkan penghargaan untuk karya-karyanya. Dia mengajar di Creighton University dan tinggal di Ohama dan Iowa City.

0 komentar: