Perjuangan Dipanegara Menjiwai Semangat Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia

Pengarang      :R. Gunadi Tejakesawa BA
Subyek          : Biografi - Pangeran Dipanegara
Penerbit         : CV Dwi Karya Mulia
Tahun            : 2014
Tempat          : Indonesia
Klasifikasi      : 959.8022
Kolasi            : 305 hlm

Sinopsis        :


Buku ini menceritakan sejarah perjuangan seorang pangeran putera Raja yang telah dididik etika keraton dan ilmu agama yang kuat sehingga mempunyai pedoman hidup yang kuat. Selalu berbuat berdasarkan jalan yang lurus yaitu kebenaran hakiki, berbenturan
dengan sikap manusia yang terlena mengenyam kelezatan dunia. Sehingga sampai hati berbuat dzalim memuaskan hawa nafsunya, sudah tidak mengenal halal dan haram.
Selama terjadinya perang selama 5 tahun, perjalanan perjuangan Pangeran Dipanegara bersama rakyat yang diperlakukan secara sewenang-wenang  oleh penjajah. Perjuangan Pangeran Dipanegara adalah wujud perjuangan suci membela hak hidup dan mempertahankan rakyat yang ditindas, dan dianiaya. Maka dengan keteguhan hati bersama rakyat berusaha menentang kedzaliman penjajah Belanda yang seenaknya memeras dan menindas rakyat. Sehingga mucul kesadaran dan keberanian melawan kejahatan penjajah Belanda denagan jalan mengangkat senajat, berkorban jiwa dan raga. 
Membaca buku ini kita akan mengetahui perilaku penjajah Belanda terhadap rakyat Indonesia pada waktu itu. Bagaimana reaksi dari rakyat pribumi akibat penjajahan Belanda dapat diketahui melalui buku ini.

0 komentar: