DONGENG NEGERI KITA : ANTOLOGI CERITA RAKYAT NUSANTARA

Pengarang    : LSS Reboeng
Penerbit         : Padasan
Tahun              : 2016
Tempat           : Yogyakarta
Kelas              :  398.2 REB d
Subjek            : Kumpulan Dongeng Rakyat Nusantara
Kolasi             : lxxii,817 p. : ill ; 25 cm
ISBN               : 9786021244050
Ringkasan     :
Buku dongeng rakyat nusantara setebal 817 halaman disajikan dalam bentuk fiksi realis, menceritakan dongeng-dongeng dari berbagai daerah di wilayah nusantara. Dongeng atau cerita rakyat adalah bagian dari sejarah peradaban manusia yang tidak akan sirna oleh zaman. Melalui dongeng seseorang mampu
menuturkan kembali kisah-kisah yang pernah dituturkan secara lisan oleh nenek moyang zaman dahulu untuk anak cucunya. Melalui cerita hikayat, mitos, maupun legenda. Dongeng ini bertujuan mengajarkan kepada generasi muda sebagai generasi penerus agar mau belajar tentang nilai-nilai moralitas bagaimana membedakan antara baik dan buruk, benar atau salah, pantas atau tidak, mengajarkan untuk menghormati pada orang yang lebih tua, hormat kepada ayah dan ibu, menghormati ketua adat, kakek dan nenek. Mengajarkan pada kaum muda bagaimana memiliki sikap patriot, nasionalisme, kejujuran, berbudi pekerti luhur, senantiasa mau untuk berbuat baik, atau memecahkan persoalan dengan mengambil keputusan dalam situasi paling buruk sekalipun. 
Buku ini terdiri dalam dua bahasa (bilingual) Indonesia dan Inggris. Harapan agar pembaca di negeri lain (luar negeri) mampu membaca, menimba pengalaman, wawasan sebagai khasanah dongeng rakyat di dunia. 
Buku ini sangat cocok bagi pendidik terutama guru bahasa Indonesia khususnya untuk mengajarkan siswa pelajaran budi pekerti luhur melalui kearifan lokal (dongeng rakyat) yang notabene syarat dengan nilai-nilai moral budi pekerti. Dapat dijadikan sebagai referensi bagi para peneliti bahasa terutama mempelajari kekayaan khasanah dongeng rakyat nusantara.

Silahkan membaca buku ini di PADMANA Library
SMA Negeri 3 Yogyakarta

0 komentar: