Impian dari Yogyakarta : Kumpulan Esai Masalah Pendidikan

Pengarang     : Y.B. Mangunwijaya
Editor             : St. Sularto
Tata Sampul   : A. Novi Rahmawanto
No. Panggil    : 899.221 MAN i
Penerbit         : Buku Kompas
Tahun             : 2003
Tempat           : Yogyakarta
Kolasi             : xxviii, 308 p. ; 21 cm
ISBN              : 9797090582
Subyek           : Kumpulan Esai - Masalah Pendidikan
Isi
Dengan Yayasan Dinamika Edukasi Dasar Romo Mangun ingin mewujudkan gagasan-gagasan besarnya tentang praksis pendidikan. Yayasan itu resmi berdiri tahun 1987 walaupun kegiatannya sudah dilakukan jauh sebelumnya. SD Mangunan, Yogyakarta yang sekarang masih berdiri adalah penerapan gagasan-gagasan besar tentang praksis pendidikan yang seharusnya. Sebelum gagasan pendidikan SD yang eksploratif sudah dicobakan di antara penduduk korban proyek Waduk Kedungombo, Jawa Tengah dan penduduk miskin pinggiran kali Code, Yogyakarta.
Praksis pendidikan di SD Mangunan menjabarkan apa yang diimpikan Romo Mangun. Dengan berpijak pada psikologi perkembangan kognitif Jean Peaget, anak dibiarkan mengadakan eksplorasi seluas mungkin, di antaranya dengan membiarkan mereka menulis danmenyampaikan segala macam pertanyaan. Modul-modul yang dikembangkan disesuaikan dengan perkembangan kejiwaan anak. Praksis SD Mangunan selalu dievaluasi dan dijadikan bahan kajian Dinamika Edukasi Dasar.
Dalam kontes itu kumpulan esai memperoleh makna, setidaknya tulisan-tulisan ini menjadi sembangan yang diharapkan memperkaya obsesi tentang sebuah praksis pendidikan yang berorientasi pada anak dan bukan mempolitisasi praksis pendidikan untuk tujuan-tujuan pragmatis berjangka pendek. Esai-esai ini diharapkan bisa memperkaya bahan menjawab pertanyaan, apakah kita sudah merdeka?   

Baca buku ini di perpustakaan padmanaba sma negeri 3 yogyakarta 

0 komentar: