Teh : Seri Tanaman Bahan Baku Industri

Pengarang   : Bambang Haryono, STP    
Subyek        : Teh - Tanaman bahan baku Industri
Penerbit       : PT Trisula Adisakti
Tahun           : 2013
Tempat         : Indonesia
Klasifikasi     : 633.7 
 
Kolasi           : 80 hlm 
 
Sinopsis        :
Teh hangat yang biasa kita minum berasal dari pohon teh yang memiliki nama ilmiah Camellia sinensis. Teh merupakan magra dari tumbuhan berbunga (camellia) dan berasal dari famili theaceae. Tanaman Camellia sinensis kebanyakan berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tanaman ini banyak ditemui di daerah tropis atau sub tropis.
Pohon teh termasuk tanaman perdu, yaitu pohon kecil yang secara rutin harus dipangkas untuk dipanen daun-daunnya. Teh bisa tumbuh pada ketinggian 200-2300 dpl (di atas permukaan laul). Teh yang ditanam di daerah pegunungan pada ketinggian 2300 dpl dengan curah hujan sedang akan menghasilkan teh berkualitas tinggi. Pohon teh dapat menghasilkan daun yang berkualitas tinggi. Pohon teh dapat menghasilkan daun yang berkualitas bagus selama 50 tahun sampai 70 tahun. Sepertinya halnya tanaman lain, pohon teh juga mempunyai beberapa bagian. Akar, daun, batang, bunga, dan buah. 

Tanaman teh masuk ke Indonesia pada tahun1684, berupa biji teh dari Jepang. Tanaman ini dibawa oleh Andreas Cleyer yang berbangsaan Jerman. Biji teh tersebut ditanam di Batavia (Jakarta) sebagai tanaman hias. Seorang pendeta bernama F. Valentijn melaporkan melihat tanaman teh muda yang berasal dari Cina tumbuh di Taman Istana Gubernur Jenderal Champuys di Jakarta pada tahun 1826. Teh juga ditanam di Kebun Percobaan Cisurupan, Garut, Jawa Barat. Penanaman percobaan dalam skala besar dilakukan di Wanayasa (Purwakarta) dan Raung (Banyuwangi).
Keberhasilan percobaan ini menjadi landasan bagi usaha perkebunan teh di Jawa. Ahli botani yang memuali usaha perkebunan teh adalah Jacobus Isidorus Loudewijk Levian Jacobson.
Pada masa pemerintahan Gubernur van de Bosch tahun 1828 teh menjadi salah satu tanaman yang harus ditanam rakyat melalui kerja tanam paksa secara besar-besaran. Hasil teh dari perkebunan Indonesia kemudian dibawa dalam peti untuk diperdagangkan ke Eropa.
Manfaat dari minuman teh bagi tubuh manusia :
  1. Menurunkan kadar kolesterol
  2. Menurunkan tekanan dan kadar gula darah
  3. Membantu kerja ginjal dan mencegah munculnya batu empedu
  4. Memperlancar pencernaan
  5. Membantu menghilangkan stress
  6. Menurunkan resiko stroke
  7. Melarutkan lemak dan mencegah kolesterol jahat
  8. Memperlancar sirkulasi darah ke otak
  9. Menurunkan resiko penyakit kanker
  10. Menurunkan resiko penyakit jantung 
  

0 komentar: